From Zero to Hero ..... !!!!!!

Selamat datang di blog mahasiswa UNAIR angkatan 2008, S2-AKK, Magister Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan.

Keterangan foto atas (dari kiri ke kanan) :

(Atas) Ibu Nyoman ( Big Boss MPKPK ) & Mr. Kukuh ( komting ), Taufan, Ida, Zuhaida, Anita, Nurul


(Bawah) Anita Bjn, Iwan, Gede Danu, Ayu (Where r u ??), Titin

TOGETHER ..... WE CAN !!!

MPKPK 2008

MPKPK 2008

Yes ... We can !!!

Yes ... We can !!!
Finally .... We can do it !!!!

Thursday, February 26, 2009

UAS MSDM 2009

SOAL UAS MSDM

1. Ambil 1 kasus / masalah yang berkaitan dengan topic yang harus saudara kerjakan sesuai dengan yang ada dalam list berikut. Nomor yang saudara kerjakan adalah yang sesuai dengan nomor undian saudara.

2. Susun tinjauan pustaka yang berkaitan dengan topic yang menjadi tanggungjawab saudara (sesuai nomor)

3. Selanjutnya buat problem solving dari kasus yang saudara angkat, berdasarkan kajian pustaka, hasil penelitian maupun pengalaman saudara.

Jumlah referensi yang saudara pakai minimal 10 judul.

Sumber jurnal/internet 70% dan text book 30%.

Ujian (presentasi) 11 Maret 2009

No

Nama Mahasiswa

Minat

Topik

1.

Utami, S.Kep.Ns

MK

Perencanaan SDM

2.

Gede Danu Widarta, dr

MPKPK

Rekrutmen dan seleksi

3.

Taufan Bramantoro, drg

MPKPK

Orientasi

4.

Zuhaida, dr

MPKPK

Pemberdayaan karyawan

5.

Novirita Sunyoto, S.Kep.Ns

MK

Peran penting job description dan dan job specification

6.

Dian Novie Diniyanty Daud, SKM

MPK

Training Need Assessment

7.

Titin Wahyuni, SKG

MPKPK

Pengembangan SDM (menekankan pada training)

8.

Ida Mayasari, SKM

MPKPK

Performance appraisal

9.

Lucia Endarwati, SKM

MK

Kompensasi

10.

Anita Dahliana, dr

MPKPK

Remunerasi

11.

Iwan Stia Budi, SKM

MK

Kinerja

12.

Muhammad Ali, SKM

MPK

Motivasi

13.

Soelaiman, S.Kep.Ns

MPK

Kepuasan kerja

14.

Nur Isyana Aprillia, SKM

MK

Komitmen

15.

Bernardus Harry Setiawan, SE

MPKPK

Team building

16.

Yunita Ayu Kemala, SKM

MPKPK

Konflik dalam organisasi (mengelola konflik)

17.

Nurul Lailah, dr

MPKPK

Komunikasi dalam organisasi

18.

Eka Wilda Faida, SKM

MK

Reward dan punishment

19.

Anita Rachmawati, S.Farm.Apt

MPKPK

Job enrichment dan enlargement

20.

Lailatul Muadzomah, SKM

MPK

Inovasi

waktu 3 minggu.

Sukses yaa

Friday, February 6, 2009

Kriteria Baldrige

Apa itu Kriteria Baldrige

Kriteria Baldrige terdiri dari tujuh kategori dan sebelas Nilai inti dan konsep yang dipadu menjadi suatu suatu sistem kerangka kerja organisasi yang komprehensif dan terintegrasi. Kriteria tersebut merupakan rangkuman dari harapan pelanggan dan pasar serta persyaratan operasional organisasi untuk mencapai kinerja yang ekselen. Kriteria ini setiap tahun selalu di update oleh para pakar dari seluruh dunia untuk menjamin relevansinya dengan perubahan yang terjadi dilingkungan bisnis dan organisasi.

Adapun 7 (tujuh) Kategori Kriteria Baldrige tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kepemimpinan (Leadership) --Menjelaskan bagaimana Para Pemimpin Senior menuntun organisasi anda. Menjelaskan sistem pengelolaan dalam organisasi anda. Menjelaskan bagaimana Senior Leader mengkaji kinerja organisasi.

2. Perencanaan Stratejik ( Strategic planning) —Menjelaskan bagaimana organisasi anda mentetapkan sasaran-sasaran strategis, termasuk bagaimana mempertimbangkan tantangan-tantantng strategis. Buatkan rangkuman sasaran-sasaran strategis utama organisasi anda dan tujuan-tujuan terkaitnya.

3. Fokus pada Pelanggan dan Pasar (Customer and market focus)— Menjelaskan bagaimana organisasi anda menentukan persyaratan, harapan dan preference dari pelanggan dan pasar untuk menjamin kesinambungan terhadap produk dan jasa anda serta membangun peluang baru.

4. Pengukuran, Analisa, dan Pengelolaan Pengetahuan (Measurement, analysis, and knowledge management)— Jelaskan bagaimana organisasi anda mengukur, menganalisa, menyelaraskan dan memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan dan diseluruh bagian organisasi anda.

5. Fokus pada Sumber Daya Manusia (Human resouce focus)— Menjelaskan bagaimana pekerjaan dan tugas-tugas organisasi anda memungkinkan karyawan dan organisasi untuk mencapai kinerja tinggi. Jelaskan bagaimana kompensasi, jenjang karir, dan praktek kerja terkait lainnya memungkinkan karyawan dan organisasi mencapai kinerja tinggi

6. Pengelolaan Proses (Process management)— Jelaskan bagaimana organisasi anda mengidentifikasikan dan mengelola proses utama untuk penciptaan nilai pelanggan dan mencapai sukses dan pertumbuhan bisnis.

7. Hasil-hasil Organisasi (Organizational results)— Ringkaskan hasil kinerja utama barang dan jasa, fokus pelanggan, keuangan dan pasar, sumber daya manusia, efektifitas organisasi, dan kepemimpinan dan tanggung jawab kepada publik. Segmenkan hasil-hasil organisasi anda berdasarkan jenis dan kelompok-kelompoknya (yang sesuai). Ikutkan data-data perbandingan yang sesuai.

Dan 11 (sebelas) nilai inti (Core Values):

1. Kepemimpinan yang Visioner - Visionary leadership

2. Keunggulan yang diarahkan oleh Pelanggan - Customer-driven excellence

3. Pembelajaran level Organiasi dan Personal - Organizational and personal learning

4. Menghargai para Karyawan dan para Mitra -Valuing employees and partners

5. Agilitas -Agility

6. Fokus pada Masa Depan - Focus on the future

7. Pengelolaan untuk Berinovasi -Managing for innovation

8. Bekerja Berdasarkan Fakta - Management by fact

9. Tanggung Jawab Sosial- Social responsibility

10. Fokus pada Tujuan dan Penciptaan Nilai - Focus on results and creating value

11. Perspektif Kesisteman -Systems perspective

Tujuan Kriteria Baldrige

Kriteria dirancang untuk membantu organisasi menggunakan pendekatan yang terintegrasi, dalam mengelola kinerja bisnisnya, dimana hasilnya akan :

􀂃 Selalu memberikan nilai yang terus menerus meningkat kepada pelanggan, serta berkontribusi pada keberhasilan pasar.

􀂃 Meningkatkan efektifitas dan kemampuan organisasi secara keseluruhan

􀂃 Menjadi sarana pembelajaran bagi organisasi dan personil.

Karakteristik Utama Kriteria Baldrige

1. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan Kinerja adalah fokus kepada hasil

2. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan Kinerja bukan preskriptif dan dapat disesuaikan

3. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan kinerja mendukung sebuah perspektif kesisteman untuk memelihara keselarasan tujuan dari perusahaan secara menyeluruh.

4. Kriteria keunggulan kinerja BALDRIGE mendukung tujuan perusahaan yang berbasis diagnosis.