From Zero to Hero ..... !!!!!!

Selamat datang di blog mahasiswa UNAIR angkatan 2008, S2-AKK, Magister Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan.

Keterangan foto atas (dari kiri ke kanan) :

(Atas) Ibu Nyoman ( Big Boss MPKPK ) & Mr. Kukuh ( komting ), Taufan, Ida, Zuhaida, Anita, Nurul


(Bawah) Anita Bjn, Iwan, Gede Danu, Ayu (Where r u ??), Titin

TOGETHER ..... WE CAN !!!

MPKPK 2008

MPKPK 2008

Yes ... We can !!!

Yes ... We can !!!
Finally .... We can do it !!!!

Friday, February 6, 2009

Kriteria Baldrige

Apa itu Kriteria Baldrige

Kriteria Baldrige terdiri dari tujuh kategori dan sebelas Nilai inti dan konsep yang dipadu menjadi suatu suatu sistem kerangka kerja organisasi yang komprehensif dan terintegrasi. Kriteria tersebut merupakan rangkuman dari harapan pelanggan dan pasar serta persyaratan operasional organisasi untuk mencapai kinerja yang ekselen. Kriteria ini setiap tahun selalu di update oleh para pakar dari seluruh dunia untuk menjamin relevansinya dengan perubahan yang terjadi dilingkungan bisnis dan organisasi.

Adapun 7 (tujuh) Kategori Kriteria Baldrige tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kepemimpinan (Leadership) --Menjelaskan bagaimana Para Pemimpin Senior menuntun organisasi anda. Menjelaskan sistem pengelolaan dalam organisasi anda. Menjelaskan bagaimana Senior Leader mengkaji kinerja organisasi.

2. Perencanaan Stratejik ( Strategic planning) —Menjelaskan bagaimana organisasi anda mentetapkan sasaran-sasaran strategis, termasuk bagaimana mempertimbangkan tantangan-tantantng strategis. Buatkan rangkuman sasaran-sasaran strategis utama organisasi anda dan tujuan-tujuan terkaitnya.

3. Fokus pada Pelanggan dan Pasar (Customer and market focus)— Menjelaskan bagaimana organisasi anda menentukan persyaratan, harapan dan preference dari pelanggan dan pasar untuk menjamin kesinambungan terhadap produk dan jasa anda serta membangun peluang baru.

4. Pengukuran, Analisa, dan Pengelolaan Pengetahuan (Measurement, analysis, and knowledge management)— Jelaskan bagaimana organisasi anda mengukur, menganalisa, menyelaraskan dan memperbaiki data dan informasi kinerja pada seluruh tingkatan dan diseluruh bagian organisasi anda.

5. Fokus pada Sumber Daya Manusia (Human resouce focus)— Menjelaskan bagaimana pekerjaan dan tugas-tugas organisasi anda memungkinkan karyawan dan organisasi untuk mencapai kinerja tinggi. Jelaskan bagaimana kompensasi, jenjang karir, dan praktek kerja terkait lainnya memungkinkan karyawan dan organisasi mencapai kinerja tinggi

6. Pengelolaan Proses (Process management)— Jelaskan bagaimana organisasi anda mengidentifikasikan dan mengelola proses utama untuk penciptaan nilai pelanggan dan mencapai sukses dan pertumbuhan bisnis.

7. Hasil-hasil Organisasi (Organizational results)— Ringkaskan hasil kinerja utama barang dan jasa, fokus pelanggan, keuangan dan pasar, sumber daya manusia, efektifitas organisasi, dan kepemimpinan dan tanggung jawab kepada publik. Segmenkan hasil-hasil organisasi anda berdasarkan jenis dan kelompok-kelompoknya (yang sesuai). Ikutkan data-data perbandingan yang sesuai.

Dan 11 (sebelas) nilai inti (Core Values):

1. Kepemimpinan yang Visioner - Visionary leadership

2. Keunggulan yang diarahkan oleh Pelanggan - Customer-driven excellence

3. Pembelajaran level Organiasi dan Personal - Organizational and personal learning

4. Menghargai para Karyawan dan para Mitra -Valuing employees and partners

5. Agilitas -Agility

6. Fokus pada Masa Depan - Focus on the future

7. Pengelolaan untuk Berinovasi -Managing for innovation

8. Bekerja Berdasarkan Fakta - Management by fact

9. Tanggung Jawab Sosial- Social responsibility

10. Fokus pada Tujuan dan Penciptaan Nilai - Focus on results and creating value

11. Perspektif Kesisteman -Systems perspective

Tujuan Kriteria Baldrige

Kriteria dirancang untuk membantu organisasi menggunakan pendekatan yang terintegrasi, dalam mengelola kinerja bisnisnya, dimana hasilnya akan :

􀂃 Selalu memberikan nilai yang terus menerus meningkat kepada pelanggan, serta berkontribusi pada keberhasilan pasar.

􀂃 Meningkatkan efektifitas dan kemampuan organisasi secara keseluruhan

􀂃 Menjadi sarana pembelajaran bagi organisasi dan personil.

Karakteristik Utama Kriteria Baldrige

1. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan Kinerja adalah fokus kepada hasil

2. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan Kinerja bukan preskriptif dan dapat disesuaikan

3. Kriteria BALDRIGE untuk Keunggulan kinerja mendukung sebuah perspektif kesisteman untuk memelihara keselarasan tujuan dari perusahaan secara menyeluruh.

4. Kriteria keunggulan kinerja BALDRIGE mendukung tujuan perusahaan yang berbasis diagnosis.

No comments: