From Zero to Hero ..... !!!!!!

Selamat datang di blog mahasiswa UNAIR angkatan 2008, S2-AKK, Magister Manajemen Pemasaran dan Keuangan Pelayanan Kesehatan.

Keterangan foto atas (dari kiri ke kanan) :

(Atas) Ibu Nyoman ( Big Boss MPKPK ) & Mr. Kukuh ( komting ), Taufan, Ida, Zuhaida, Anita, Nurul


(Bawah) Anita Bjn, Iwan, Gede Danu, Ayu (Where r u ??), Titin

TOGETHER ..... WE CAN !!!

MPKPK 2008

MPKPK 2008

Yes ... We can !!!

Yes ... We can !!!
Finally .... We can do it !!!!

Wednesday, November 5, 2008

Budaya Organisasi

BUDAYA ORGANISASI
(Suatu Konsep Menuju Efektivitas Organisasi)

Manajemen akan mempengaruhi budaya.

Budaya akan mempengaruhi kemampuan perusahaan meraih keuntungan & sekaligus meraih citra.

Organisasi perlu untuk memiliki kepribadian.

Kepribadian organisasi yang juga disebut sebagai budaya organisasi harus diciptakan & dipertahankan sehingga dapat membantu keefektifan organisasi.

Budaya Organisasi

Pada hakikatnya, budaya organisasi memiliki nilai yang baik bagi kemajuan suatu organisasi.

Budaya organisasi merupakan salah satu perangkat manajemen untuk mencapai tujuan organisasi.

Budaya organisasi bukan merupakan cara yang mudah untuk memperoleh keberhasilan, dibutuhkan strategi yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu andalan daya saing organisasi.

Budaya organisasi merupakan sebuah konsep sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

Definisi

Secara etimologis (asal usul kata), budaya organisasi terdiri dari dua kata : budaya & organisasi.

Organisasi merupakan suatu sistem yang mapan dari sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui suatu jenjang kepangkatan & pembagian.

Pengertian budaya adalah suatu set nilai, penuntun kepercayaan akan suatu hal, pengertian & cara berpikir yang dipertemukan oleh para anggota organisasi & diterima oleh anggota baru.

BUDAYA ORGANISASI merupakan penerapan nilai-nilai dalam suatu masyarakat yang terkait, bekerja di bawah naungan suatu organisasi.

(Duncan dalam Kasali, 1994: 108)

Terrence E Deal & Allan A. Kennedy : budaya organisasi (BO) merupakan nilai-nilai dominan yang diterapkan oleh suatu organisasi.

RT Pascale & AG Athos, BO merupakan falsafah yang menuntun kebijakan organisasi terhadap pegawai & pelanggan.

Marvin Bower, BO merupakan cara pekerjaan yang dilakukan di tempat tertentu.

Edgar H. Schein, BO merupakan asumsi & kepercayaan dasar yang terdapat di antara angota organisasi.

Linda Smirch, BO merupakan pola kepercayaan, simbol-simbol, ritual, mitos & praktis yang telah lama berjalan.

(Semua dalam Robbins, 1990: 479)

Karakteristik Utama dalam Budaya Organisasi

Inisiatif individual.

Toleransi terhadap tindakan beresiko.

Arah.

Integrasi.

Dukungan dari manajemen.

Kontrol.

Identitas.

Sistem imbalan.

Toleransi terhadap konflik.

Pola-pola komunikasi.

(Robbins, 1990: 480)

No comments: