Perilaku Organisasi
n Adalah bidang ilmu yang mempelajari dan mengaplikasikan pengetahuan tentang bagaimana manusia berperilaku atau bertindak dalam organisasi (Davis & Newstrom, 1989)
n Adalah bidang ilmu yang menyelidiki dampak dari pengaruh individu, kelompok dan struktur dalam organisasi terhadap perilaku orang-orang yang terlibat didalamnya yang bertujuan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam meningkatkan efektifitas organisasi (Robbins, 1993)
Elemen Kunci
Elemen kunci dalam perilaku organisasi adalah manusia, struktur, teknologi, dan lingkungan tempat organisasi tersebut beroperasi. Ketiga elemen pertama selalu berinteraksi satu sama lain dan dipengaruhi oleh dan mempengaruhi lingkungan luarnya.
Manusia
Makhluk hidup yang berpikir dan berperasaan yang bekerja dalam organisasi untuk mencapai target tertentu, keberadaan organisasi itu dimaksudkan untuk melayani manusia dan bukan sebaliknya, manusia melayani organisasi
Struktur
n Struktur organisasi menentukan hubungan formal manusia di dalam organisasi. Pekerjaan-pekerjaan yang berbeda diperlukan untuk menyelesaikan semua aktivitas organisasi.
Teknologi
n Dapat memberikan modal pada manusia dalam bekerja dan dapat mempengaruhi tugas-tugas yang dikerjakannya
Lingkungan
n Merupakan faktor luar yang mempengaruhi operasi setiap organisasi.
Biasanya organisasi merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar seperti keluarga, organisasi-organisasi lain, dan pemerintah.
Konsepsi Dasar
1. Hakikat manusia
a. Perbedaan Individual
i. Setiap manusia memiliki sifat unik mulai dari lahir, dan dengan pengalaman hidup yang diperolehnya mereka menjadi lebih berbeda lagi.
b. Manusia secara keseluruhan
i. Beberapa perusahaan hanya menginginkan keterampilan atau kecerdasan manusia untuk menjadi karyawannya, namun kenyataannya mereka mempekerjakan manusia secara keseluruhan, tidak sekedar beberapa karakteristiknya.
c. Perilaku yang bermotivasi
i. Setiap perilaku itu mempunyai alasan-alasan tertentu. Alasan-alasan ini mungkin berhubungan dengan kebutuhan manusia dan atau sebagai konsekuensi dari tindakan-tindakannya.
d. Nilai-nilai kemanusiaan
i. Bahwa di dalam perusahaan karyawan harus diperlakukan lain dari faktor-faktor produksi lainnya karena mereka adalah makhluk yang bermartabat di alam semesta ini
2. Hakikat organisasi
a. Organisasi sebagai sistem sosial
i. Semua aktivitas diatur oleh hukum-hukum sosial dan psikologis
b. Organisasi sebagai wadah keuntungan bersama
i. Manusia memandang organisasi sebagai alat atau cara untuk membantu mencapai tujuan mereka, sedangkan organisasi membutuhkan manusia untuk membantu mencapai sasaran atau target organisasi
3. Perilaku organisasi yang holistik
a. Menginterpretasikan hubungan antar manusia dengan organisasi dalam pengertian yang luas, yaitu hubungan antara manusia, kelompok, organisasi, dan sistem sosial secara menyeluruh.
Model Model Perilaku Organisasi
| Otokratik | Kastodial | Suportif | Kolegial |
Dasar model | Kekuasaan / kekuatan | Sumber – sumber ekonomi | Kepemimpinan | Kemitraan |
Orientasi manajerial | Kewenangan | Uang | Bantuan | Kerja tim |
Orientasi karyawan | Kepatuhan | Keamanan & keuntungan | Prestasi kerja | Perilaku yang bertanggung jawab |
Hasil psikologis pada karyawan | Ketergantungan pada atasan | Ketergantungan pada organisasi | Partisipasi | Disiplin diri |
Kebutuhan karyawan yang terpenuhi | Kebutuhan pokok keluarga (nafkah hidup) | Keamanan | Status dan pengakuan | Aktualisasi diri |
Hasil/prestasi kerja | Minimal | Kooperatif | Dorongan kerja yang terpacu | Antusiasme sedang |
No comments:
Post a Comment